Berkenalan dengan Bunga

Masih dalam rangka perkenalan sama bunga, hari ini saya mulai belajar. Sore hari saya berkunjung ke rumah ibu saya dengan ember hasil buruan dari rawa belong kemarin. Saya datang untuk memulai pelajaran pertama perkenalan sama dunia bebungaan ini. Heboh banget persiapannya. Gelar meja di teras dengan segudang rencana. Cari-cari vas yang mau dipake, siapin bunga-bunganya, ngatur toolsnya, sampe heboh nyari printilan yang entah dimana keberadaannya. Adik saya Delicia juga pengen ikut-ikutan bantuin.

20140429-025719.jpg

20140429-025942.jpg

20140429-030003.jpg

20140429-030020.jpg

20140429-030039.jpg

Hari ini gak mau fokus buat ngerangkai-rangkai dulu. Lebih ke pengenalan hal-hal yang umum dulu. Yang saya pelajarin misalnya :

Kalo motong bagian bawah bunga ternyata sebaiknya miring, lebih mudah buat ditusuk-tusuk kalo mau dirangkai.

20140429-030529.jpg

Ada beberapa bunga yang batangnya gak tahan lama, jadi sebaiknya di kasih kawat supaya bisa bertahan tegak.

20140429-030808.jpg

20140429-030818.jpg

Kalau mau bikin bouquet dengan bunga mawar, daunnya dipetik-petikin dulu, lalu durinya dipotong dengan gunting tanaman, atau bisa juga dengan cutter

20140429-031106.jpg

20140429-031136.jpg

20140429-031146.jpg

Untuk bouquet ataupun merangkai di dalam vas posisi batang bagian bawah harus miring searah, supaya bagian atas bunganya bisa menyatu. Jadi yang dipegang dan disatukan dari bagian bawah kelopaknya, bukan batang bawahnya. Kalau sudah benar batang itu kalau sudah disatukan dan ditaro di bidang datar akan bisa berdiri.

20140429-031650.jpg

20140429-031711.jpg

Trus belajar juga bikin corsage yang biasa suka dipake sama panitia-panitia kawinan itu loh…

20140429-031945.jpg

20140429-032015.jpg

20140429-032032.jpg

Trus mulai juga ngerendem oasis. Oasis tuh busa warna hijau yang biasa untuk nusuk-nusukin bunganya. Trus ngerangkai yang simple buat digantung-gantung.

20140429-033222.jpg

Bener-bener gak kerasa dari langit masih terang sampai akhirnya udah gelap. Pake sempet acara dinner di teras juga lagi.

20140429-033500.jpg

Berhubung udah gelap, mau foto juga udah susah dan bayangannya jadi banyak banget, akhirnya memutuskan untuk udahan dulu.

Ini hasil belajar hari ini

20140429-033810.jpg

20140429-033824.jpg

20140429-033837.jpg

20140429-033853.jpg

20140429-033904.jpg

20140429-033918.jpg

20140429-033930.jpg

20140429-033938.jpg

20140429-033955.jpg

20140429-034009.jpg

20140429-034017.jpg

Masih belom mateng dan berantakan, ngatur bunga ternyata gak segampang yang saya bayangin, ada tehniknya, tapi gak susah buat dipelajarin. Mulai suka mainan bunga, besok mau belajar lagi πŸ™‚

kittymanu