DIY : Fancy envelope

Selama seminggu lebih kelilingan #kittymanuplaydate di Surabaya dan Jogjakarta, tas kecil andalan saya tempat menyimpan berbagai romel sudah mulai gak jelas bentuknya. Tas ini sebenernya gunanya untuk menyimpan barang-barang kecil yang sering diambil seperti handphone, kartu atm, uang, sampai akhirnya jadi tempat nyimpen segala barang karena terlalu malas buka tas punggung. Sama aja seperti dompet, yang paling bikin berantakan tuh bon-bon. Susah banget buangnya, padahal sekarang udah ngebiasain setelah transaksi pembayaran apapun bonnya langsung difoto biar saat itu juga bisa langsung dibuang. Tapi tetep ajaaa…..

Pas hari-hari terakhir di Jogja mulai beberes. Wow banget sih kalo liat isi tasnya. Akhirnya sambil duduk-duduk cantik di Lokal mulai deh bebikinan buat solusi si tas mini biar lebih manusiawi bentuknya. Bikin amplop simple, buat masukin bon-bon yang berserakan. Harusnya sih lain kali bikin yang ukuran A4 sekalian biar muat segala-galanya masuk situ. Ini juga kepikiran gara-gara liat tutorial di bukunya Hello Sandwich tapi bikin yang versi gampang gak pake banyak mikir ajah.

alat-bahan.jpg.jpeg

Bahan yang diperlukan hanya kertas (sebaiknya yang cukup tebal biar tahan banting diisiin sampe penuh bahkan kepenuhan), lem, gunting, dan masking tape untuk hias-hias.

step-1.jpg.jpeg

Lipat kertas menjadi dua, memanjang.

step-2.jpg.jpeg

Gunting sesuai bekas lipatan.

step-4.jpg.jpeg

Lipat menjadi tiga bagian dengan salah satu bagian lebih pendek untuk menjadi penutup amplopnya.

step-5.jpg.jpeg

Gunting lengkung bagian dalamnya untuk memudahkan mengambil kertas-kertas yang akan dimasukan nanti.

step-6.jpg.jpeg

Buka kembali lipatan polanya dan tempeli masking tape. Bisa juga langsung menggunakan kertas berwarna atau kertas motif.

step-7.jpg.jpeg

Tempel sampai seluruh bagian kertas tercover. Ini sebenarnya bebas sesuai selera, tapi saya emang selalu susah berhenti dan gak bisa lihat ruang putih kosong sia-sia, pasti bawaannya pengen dipenuhin mt.

step-8.jpg.jpeg

Tempelkan hiasan tambahan supaya makin cantik. Kalau saya hiasnya pakai potongan gambar-gambar dari mt juga.

step-9.jpg.jpeg

Lem bagian kiri dan kanan amplop. Lalu lipat kembali dan tempel.

step-10.jpg.jpeg
Bisa juga ditambahkan potongan kertas memanjang dibagian tengahnya, untuk menjadi pengunci amplop.

step-11.jpg.jpeg

Lubangi bagian dalam amplop untuk mengaitkan kertas pengunci.

hasil-akhir.jpg.jpeg

Jadi deh…….

wp-1456323091648.jpeg

Begini bentukannya kalau amplop ditutup. Bisa juga nih untuk ngasih angpao, undangan, atau surat-suratan lucu. Setelah amplop ini jadi akhirnya yang niatan saya awalnya buat tempat bon, malahan jadi dompet, trus bon-bonnya tetap bereserakan. πŸ˜€

 

 

 

kittymanu

 

foto & edit : Rangga & Galas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *