DIY : Menghias Bebatuan

Selama libur lebaran tahun ini, saya menginap di rumah ibu saya. Karena memang sudah merencanakan mau mengerjakan beberapa craft project (maksudnya… rencana ngerjain tapi gak tau mau bikin apa), saya memang membawa beberapa perintilan untuk bebikinan. Biasanya kalau ngobrol sama Nike dan Miranti di grup whatsapp kami, Nike selalu jadi si pelempar ide yang kerjaannya suka iseng malam-malam kirim gambar sebelum tidur, sedangkan saya dan Miranti yang heboh begadangan mikirin gimana bikinnya sampai ngalor-ngidul kemana-mana ngobrolnya. Nah kalau di rumah gantian… Ibu saya gampang banget kepancingnya. Kalo dikasih gambar dan disiapin material, ditinggal tidur bangun-bagun udah bisa jadi. Lain lagi sama adik saya Delicia, berhubung baru berusia 8 tahun, anak ini selalu pengen ikut-ikutan dan ngerusuhin. Semangatnya luaaarr biasa… cuma musti pilih aktivitas yang pas juga buat Delice, terutama dari sisi waktu pengerjaan, karena anak ini gampang banget bosan.

Pagi ini bagun tidur Ibu saya langsung bekerja. Masih ada beberapa baju lebaran pesanan dadakan yang masih kejar tayang untuk dijahit. Jadi saya dan Delice prakarya berduaan. Dari semalam kami sudah merencanakan mau menghias bebatuan dan sudah ngobrolin materialnya apa aja, jadi pas bangun kami langsung cepet siap-siapnya.

Pertama kami rendam dulu bebatuannya di ember, lalu kami sikat dengan sabun dan sikat gigi. Setelah itu dijemur sampai kering. Kondisi batu yang bersih ngaruh banget, supaya gampang pas ngecatnya. Bebatuan ini Β saya beli di tempat yang menjual batu-batu untuk taman.

wpid-rps20150717_001618_700-01.jpeg

Bahan-bahan yang diperlukan lainnya selain batu hanya cat arylic, dan kuas. Saya menggunakan acrylic craft paint Martha Stewart. Untuk kuasnya perlu kuas yang agak besar untuk mewarnai batunya, dan kuas kecil untuk menggambar di atas batunya. Delice juga menggunakan sponge applicator untuk memberi warna. Oh iya untuk amannya, apalagi kalau ngerjainnya bareng anak kecil, alasi lantai dengan koran supaya gak belepotan kemana-mana.

wpid-rps20150716_235002_987-01.jpeg

Setelah batu kering Dels mulai mewarnai permukaan batu. Jangan lupa warnai juga sisi sampingnya. Ratakan dengan kuas atau sponge applicator.

wpid-rps20150716_235453_670-01-01.jpeg

wpid-rps20150716_235905-01.jpeg

wpid-rps20150717_001028-01.jpeg

Setelah itu keringkan dulu catnya sebelum digambari.

wpid-rps20150717_001421_386-01.jpeg

Setelah itu baru digambari. Beberapa Β batunya kami gambar dengan memulaskan kuas, beberapa lainnya kuasnya kami gunakan untuk membuat dot. Ini hasil karya kami hari ini.

wpid-rps20150716_211053_610-01.jpeg

wpid-rps20150717_002234-01.jpeg

wpid-rps20150716_211912_225-01.jpeg

wpid-rps20150717_001915_932-01.jpeg

Dels juga menghias beberapa batu untuk diberikan ke teman-temannya. BFF!! πŸ™‚

wpid-wp-1437068015452.jpeg

wpid-rps20150716_211515_543-01.jpeg

Bosen menggambar di kertas, medianya diganti jadi batu aja Dels udah seneng… Sederhana yah sebenernya menghibur mereka πŸ™‚

 

 

kittymanu

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *