DIY : Paper Dreamcatcher

Kalian tau kan apa itu dreamcatcher? Dreamcatcher itu berasal dari suku asli Amerika yang fungsinya untuk melindungi anak – anak dari mimpi buruk dan roh jahat, dengan cara digantung diatas tempat tidur mereka. Tapi itu fungsi pada awalnya. Kalau sekarang, kamu bisa menggantung dreamcatcher untuk menghias rumah atau kamarmu supaya terlihat lebih manis.

alat&bahan paper dreamcatcher

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
1. Kertas karton
2. Jangka
3. Gunting
4. Pensil
5. Spidol
6. Benang wol aneka warna
7. Masking tape
8. Paper punch
9. Manik – manik

step1 paper dreamcatcher

Pertama, buat lingkaran dengan diameter kira – kira 20 cm dengan menggunakan jangka. Lalu buat lingkaran yang lebih kecil kurang lebih 3 cm dari lingkaran yang lebih besar.

step2 paper dreamcatcher

Gunting bagian luar dan bagian dalam lingkaran yang telah kamu buat. Gunting perlahan – lahan karena cukup sulit mengunting pola berbentuk lingkaran agar hasilnya rapi. Jadi deh dasar untuk dreamcatcher kertas.

step3 paper dreamcatcher

Langkah selanjutnya, lubangi base dari dreamcatcher kamu ini dengan paper punch atau pembolong kertas. Beri jarak kira – kira 3 – 4 cm atau buat mengikuti pola angka pada jam, jadi kira – kira akan ada 12 lubang di dreamcatcher kamu.

step4 paper dreamcatcher

Sekarang kita akan membuat hiasan bulu – bulu yang ada di dreamcatcher kertas. Tenang, kita ngga membutuhkan bulu asli kok, tapi bulu yang dibuat dari kertas. Ada dua cara untuk membuatnya. Yang pertama kamu bisa membuat dengan cara merekatkan masking tape berbeda warna secara berurutan di secarik kertas lalu gunting dengan pola membentuk sebuah daun.

step5 paper dreamcatcher

step6 paper dreamcatcher

Untuk cara yang kedua, gambar dengan spidol bentuk daun, dan warnai dengan motif – motif sesukamu. Kamu akan membutuhkan 5 buah daun untuk 1 dreamcatcher.
Jangan lupa digunting ya.

step7 paper dreamcatcher

Buat lubang dibagian ujungnya dengan paper punch.

step8 paper dreamcatcher

Bentuk – bentuk daun yang sudah kamu buat perlu digunting lagi agar menyerupai bulu – bulu. Caranya gunting setiap sisi dari bulu – bulu kertas itu membentuk segitiga, seperti gambar diatas.

step9 paper dreamcatcher

Sekarang kita akan membuat jaring – jaring benang di dreamcatcher kertas kita. Caranya anyam benang wol dengan warna pilihanmu, dan anyam sesukamu. Sisakan kira kira 10 – 15 cm untuk menggantung bulu – bulu kertas kamu.

step10 paper dreamcatcher

Nah sekarang ikat bulu – bulu tersebut di benang wol yang sudah kamu sisakan tadi. Usahakan panjangnya berbeda beda ya, supaya dreamcatcher kamu terlihat keren. Gantung 1 bulu dari masing – masing lubang.

step11 paper dreamcatcher

Tempelkan manik – manik disekeliling lubangnya dan warnai atau buat pola – pola yang cantik dengan spidol.

Selesai! Ini hasil akhir dari dreamcatcher yang kami buat.

Putri

photo & edit: Rangga Kusuma & Galas Astrid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *