DIY Ribbon Curtains

20140402-015524.jpg

Selama 2 bulan sudah nempatin workshop baru. Jendela depan belum punya tirai yang beneran. Mau beli, tapi belum punya waktu ngubek2 toko. Akhirnya sementara pake kain yang ada aja dulu daripada semua orang yang lewat bisa liat tempat ini isinya apa kan yah…

20140401-011056.jpg

Pernah beberapa kali pengen bikin sendiri tirainya. Cuma kebentrok lagi sama bingung milih kain. Emang susah yah kalo gak ada pilihan gak rela, kalo banyak pilihan bingung mau yang mana, atau semua pilihan kayak gak ada yang cocok. Jadi… Lagi-lagi karena project totebagnya Living Loving, jadi ide juga buat gambarin tirai di kain belacu. Dan karena bidangnya jauh lebih besar banget dari tote bag, gak mau gaya-gayaan bikin gambar yang aneh-aneh. Dan gak mau terlalu banyak warna juga. Jadi mulai deh malem-malem nyiapin kain dan catnya, trus ukur-ukur jendelanya.

20140401-011807.jpg

Cat Deco Textile juga jadi alesan kenapa saya makin suka gambar-gambar di kain. Cat ini mudah digunakan, mencampurnya gampang, dan hasil akhir di kainnya juga bagus. Saya memilih warna hitam dan pink akhirnya. Tapi berhubung warna cat deco textile ini gak ada yang warna shocking, jadi untuk warna pinknya saya memakai cat poster.

20140401-012113.jpg

Pada saat mencampur cat dengan air, komposisi air dan catnya harus diperhatiin banget. Jangan terlalu banyak menggunakan air, beberapa tetes aja cukup. Dan setelah dicampur coba dulu di kain bekas, karena kalau keenceran bisa bikin cat langsung menyerap dan beleber.

20140401-012538.jpg

Saya mau gambar pita aja yang gampang, dikombinasikan dengan garis lengkung. Pertamanya saya gambar dulu seperti sketch dengan kuas, baru saya rapihkan lagi bentuknya. Oh iya, jangan coba-coba naro palet di atas kainnya yah, kesenggol dikit fatal.

20140401-012804.jpg

Hampir 3 jam mengerjakan saya baru selesai mewarnai 5 baris dan sebuah pita. Musti sabar rapihinnya, pelan-pelan, ini kan salah harus ngulang yah, apa gak potong aja jadi sarung bantal atau serbet (nada pesimis). Tangan harus selalu dalam keadaan bersih dan kering, musti hati-hati juga sama bagian yang sudah diwarnain, jangan sampai kena tangan dan nyeplak ke kain.Kalau misalnya tangannya kena cat nih, mending langsung dicuci trus jangan lupa dikeringin. Kalo catnya kena kain basah bisa langsung beleber kemana-mana.

20140401-013428.jpg

Ini yah, tadinya kan niatnya iseng. Ngelukis di totebag sejam udah jadi 1, bolak-balik lagi. Ini yaaahh ampuuunn… Dari iseng-iseng sampe kayak orang keisengan. 2 malem ngerjainnya. Beresinnya juga yaaahh ampun.. Lupa alasin meja sampe ngejiplak. Tapi… Tapi…. Aku suka hasilnya….. πŸ™‚

20140402-012542.jpg

Kayaknya cukup yah… Lain kali totebag aja, kalo perlu pouch kecil aja.. Ini udah maksimal deh, jangan berani-beraninya gambarin seprai yah. Kecuali libur sebulan, jomblo, gak punya temen. *kapok

kittymanu

>