Needle Felting

Beberapa hari yang lalu melanjutkan bebenah workshop ceritanya, menemukan wool felt warna-warni… Kalau ditanya saat itu sih, serius gak tau buat apa. Dulu pernah lihat gambar apel di pinterest dengan menggunakan wool felt tersebut, dan payahnya melihat gambar jadinya tanpa melihat tutorialnya. Jadi 2 warna pertama wool felt yang saya beli merah dan hijau untuk membuat apel masih terbungkus rapih dari setahun yang lalu.

20140306-001014.jpg

Lalu Astrid datang… Mengeluarkan komentar-komentar yang bikin penasaran. “Itu kan yang bikinnya ditusuk-tusuk jarum, bisa bikin boneka” sambil dengan memperlihatkan gambar-gambar super lucu dari bermacam situs yang sudah sangat expert membuat bonekanya.

Terus kami berdua sama-sama penasaran, melihat berbagai video tutorial, mencoba menusuk-nusuk dengan berbagai jenis jarum, malahan saya sampai mencoba pakai lem. Akhirnya menyerah.. Benda ini gak akan padat kalau tidak menggunakan jarum khusus.

Akhirnya…. Mencoba mencari dengan berbagai hashtag di instagram, berharap ada yang menjual jarum tersebut. Dan ketemu… Walaupun sudah dini hari pokoknya ambisius harus langsung kontak adminya. Keeseokan paginya akhirnya dibalas dan barang siap dikirim.

Dan hari ini….. Paket datang πŸ™‚
Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya selain jarum dan wool feltnya adalah alas untuk menusuk-nusuknya. Dan sayangnya saya lupa mengkonfirmasi pesanan alas itu, jadi jarum sudah ada alasnya belum ada. Akhirnya saya menggunakan spons untuk mencuci piring sebagai alasnya. Dan mau mencoba mengikuti salah satu video tutorial yang pernah saya tonton.

20140306-001412.jpg

20140306-001453.jpg

Jadi masukan wool felt ke dalam cetakan kue, letakkan di atas alasnya lalu tusuk-tusuk sampai wool padat. Tusuk bergantian bagian atas dan bawahnya. Setelah cukup padat keluarkan dari cetakan, dan rapihkan perlahan-lahan bentuknya.

20140306-001851.jpg

Itu hasil bunga yang saya buat. Untuk percobaan awal membuatnya ternyata tidak semudah yang saya lihat di video. Caranya memang hanya begitu, ditusuk-tusuk saja. Tapi menusuk sambil membentuk, apalagi menghaluskannya, cukup beresiko. Peringatan bagi yang baru mencoba, hati-hati jari saya berkali-kali tertusuk jarum karena terlalu antusias menusuk πŸ™‚

Belum puas sama sekali dengan hasil yang ini. Tunggu percobaan berikutnya yah πŸ™‚