Persiapan Papan Apresiasi Sekolah Rumpin

Besok adalah giliran kelas spesialis mengisi kembali kegiatan belajar-mengajar di Sekolah Kita Rumpin (SKR). Dan besok saya bertugas lagi di kelas prakarya. Besok adalah kelas kedua saya. Dan karena Kak Gigi pengajar tetap kelas prakarya masih cuti, dan Kak Puspa pengajar relawan lainnya sedang berhalangan, jadi saya harus mengisi kelas itu sendirian.

Kelas prakarya saat ini sedang difokuskan untuk persiapan ulang tahun SKR tanggal 13 April mendatang. Minggu lalu saya sempat mengajukan beberapa ide ke kakak-kakak pengajar prakarya lain, dan ke Kak Lani kakak kordinator pengajar. Masih ada 3 kelas prakarya yang akan diadakan menjelang ulang tahun SKR. Saya mengajukan untuk membuat papan apresiasi, frame foto besar yang berisi kumpulan foto-foto kegiatan SKR, dan backdrop untuk photobooth pada saat acara ulang tahun diselenggarakan. Untuk ketiga kegiatan ini semuanya akan satu hasil yang didapat dari sebuah kerja tim. Ingin mengajarkan juga kepada mereka supaya bisa bekerja sama dengan yang lain untuk memperoleh hasil yang akan dipergunakan bersama-sama juga.

Untuk kegiaan besok akan diisi dengan membuat papan apresiasi. Saya sendiri belum pernah mempergunakan papan apresiasi sebelumnya di SKR. Apakah papan apresiasi itu? Papan apresiasi adalah sebuah papan yang berisi kantong-kantong yang bertuliskan nama adik-adik di SKR. Guna papan itu adalah untuk menulis pesan, semacam kotak pos. Jadi misalnya salah seorang adik akan menuliskan pesan untuk temannya, dia menuliskan di selembar kertas, memasukannya ke dalam amplop, dan memasukkan amplop tersebut di kantong yang bertuliskan nama temannya.

Karena papan yang lama hanya berupa selembar kertas karton, untuk papan baru ini saya mencoba mencari material yang lebih baik, supaya tahan lama walaupun dipakai berulang-ulang. Design simple yang saya rencanakan untuk papan tersebut adalah sebuah pohon.

20140309-021653.jpg

Saya membuat template untuk daun-daunnya dan juga untuk kantongnya yang ceritanya adalah buahnya. Untuk dasarnya saya menggunakan papan tripleks yang saya bungkus dengan kain flanel coklat sebagai batangnya. Mengingat akan ada 60 kantong di papan itu dan ternyata cukup sempit, saya akhirnya menandai kotak-kotak yang akan ditempeli kantong mencegah kemungkinan nanti 60 kantong itu akan tidak muat apabila asal tempel.

20140309-022423.jpg

20140309-022445.jpg

Nanti adik-adik akan saya minta untuk menjiplak dan memotong daun dan kantong sesuai pola yang sudah saya siapkan diatas kain flanel ini.

20140309-022629.jpg

Mengingat kelas 2 minggu yang lalu banyak juga adik-adik yang masih dibawah kelas 3 SD dan bahkan masih TK. Saya menyiapkan aktifitas juga untuk mereka. Mereka akan membuat dan menghias amplopnya dengan kertas origami. Saya membuat beberapa sample, dan menyiapkan juga beberapa bentuk untuk hiasan amplopnya dengan menggunakan paper punch.

20140309-023252.jpg

20140309-023327.jpg

Semoga besok saya tidak kewalahan menghadapi adik-adik semua, pastinya kakak-kakak yang lain akan membantu. Dan saya yakin semua adik-adik di SKR bisa bekerjasama.

Tunggu hasil akhir papan apresiasi kami besok yah πŸ™‚

kittymanu