Playdate BTC : Perjalanan Kereta Api Jakarta – Yogyakarta

Selain Playdate di Jakarta dan Bandung, saya juga mau berkunjung ke Yogyakarta dan Bali. Ke Yogyakartanya pengen nyobain naik kereta. Ini semua gara-gara Clara Devi pernah cerita, Eyangnya yang tinggal di Yogyakarta kalau berkunjung ke Jakarta selalu naik kereta. Berarti kan kereta itu cukup nyaman dong kalau Eyangnya saja lebih suka naik kereta. Beberapa teman yang sudah pernah naik kereta ke Yogyakarta juga merekomendasikan untuk nyobain naik kereta.

Akhirnya walaupun udah pegel-pegel, kurang tidur, dan tepar banget kejar tayang playdate di Jakarta dan Bandung, kami sepakat mau naik kereta. Jadilah jam 6 pagi saya sudah berangkat dari rumah, untuk mengejar kereta Argo Dwipangga yang akan berangkat jam 08.00 pagi dari Gambir ke Yogyakarta. Dari rumah saya di daerah Jakarta Selatan perjalanan ke Gambir juga lebih enak daripada ke Cengkareng. Trus enaknya juga bisa naik ojek! Jadi gak usah sampe ketiduran menembus kemacetan di taksi karena harus berangkat jauh lebih pagi demi mengejar pesawat.

Sebelumnya saya sudah terlebih dahulu beli tiket di Alfamart depan kompleks. Sampai di Gambir kayak kalo di bandara aja, bisa check in dan cetak tiket sendiri lewat mesin dengan memasukan kode booking tiket. Jalan dari lobby menuju keretanya juga gak jauh dan porternya bisa bawain barang sampai di dalam kereta, jadi hidup cukup aman. Pas nunggu juga masih bisa kelilingan di luar, jadi kalo emang ada yang nganterin, bisa masih sambil nunggu bareng, gak harus sejam sendirian di dalam kayak di bandara gitu.

Gak enaknya naik kereta tuh lama. Kalo naik pesawat ke Jogja bisa cuma sejam, naik kereta memakan waktu 8 jam. Tapi pas masuk kereta saya cukup tenang. Kursinya nyaman, ada mejanya kayak di pesawat, dikasih bantal, dan ada colokan listrik! Itu yang penting. WCnya juga bersih. Buat saya yang suka bawa perintilan banyak juga tenang banget, karena tempat koper tepat di atas kepala kami, jadi barang bisa ringkes ditaro di koper, dan bisa dibuka kapan aja, cukup luas juga spacenya buat gelar koper. Kami berangkat jam 8.00 pagi. Sarapan bekal yang kami beli pas nunggu tadi, trus tidur lagi deh. Enak banget tadi bangun pagi, masih ngantuk-ngantuk, bisa bayar tidur nyenyak  4 jam. Gak yang baru merem tiba-tiba udah sampe.

Pas makan siang kami bangun, langsung menuju gerbong makan dan memesan makan siang kami disitu. Gerbong makannya kayak restoran juga, dengan meja yang cukup besar. Nah ini lagi salah satu keuntungan saya. Di waktu perjalanan yang cukup panjang, selain tidur nyenyak, saya bisa prakaryaan juga di atas meja di gerbong makan, dan segala perintilan saya terutama gunting bisa dibawa.

Sehabis makan saya dan Clara menghabiskan waktu sisa kami untuk bikin-bikin di gerbong makan.

Pas dari Bandung kemarin, kami bertemu Tarlen di Tobucil.  Tarlen ngajarin bikin book binding. Akhirnya dengan berbekal peralatan di toolbox, saya dan Clara memutuskan untuk mempraktekan ilmu dari Tarlen. Kami mau bikin Travel Journal untuk mencatat perjalan kami selama Playdate.

Cuma perlu kertas (yang saya robekin dari note pad), gunting atau cutter (yang emang selalu ada di tempat pensil saya), tali atau benang (saya pakai benang wool karena emang kebetulan bawa perintilan buat weaving), spidol, washi tape, dan kertas lipat buat hias-hias (ini perintilan wajib di toolbox saya).

Lipat kertasnya sesuai size buku , dengan banyaknya lembaran sesuai ketebalan yang diinginkan.

Lipat bagian tengah bukunya, dan lubangi dengan gunting atau cutter. Bikin 2 lubangnya. Kalau yang diajarin Tarlen kemarin sebenernya ada alat penusuknya buat bikin lubangnya. Berhubung darurat yang udah pake cutter aja yang penting talinya nanti bisa masuk. Kalau mau pake cover dengan kertas yang berbeda, kertas buat covernya itu diletakkan paling bawah. Karena saya mau hias-hias sendiri covernya jadi saya pakai kertas yang sama.

Abis itu masukan benang atau talinya. Tarlen juga ngajarinnya sebenernya pake jarum supaya lebih mudah. Berhubung saya gak bawa, jadi saya dorong aja benangnya pake ujung cutter.

Masukan talin ke kedua lubangnya

Trus diikat deeeehhh…..

Udah tinggal hias-hias aja covernya.

Jadi deh…..

Trus gantian Clara yang hias-hias bagian dalamnya.

Tidur, makan, prakaryaan, duduk ngobrol sebentar, gak kerasa akhirnya kereta berhenti dan kami udah sampai aja di Jogja. 8 jam yang gak ngebosenin 🙂

kittymanu

(pas prakaryaan ini semuanya difotoin Clara)