Playdate with Amesh – Linoleum

Beberapa bulan yang lalu tadinya pengen ikutan workshop linoleum yang diadakan olehΒ Workshop In a Box, tapi berhubung waktu gak cocok mulai ngerengek-rengek Amesh buat ngajarin. Setelah sekian lama, akhirnya kami ketemu juga playdate bareng.

Sebenernya niat awalnya emang cuma mau main ajah. Cuma dengan segala taktik jitu saya datang ke rumah Amesh langsung membawa seperangkat perintilan untuk bikin lino. Gak salah dong, kan playdate… Main… Mainan Lino… Ya kaaaann???

Kata Amesh sih, bikin lino itu gampang, musti cari motif yang pas aja, supaya bentuk hasil pas di cap nanti bagus. Dan yang pasti, untuk pemula banget yang gak pernah megang sama sekali kayak saya gini, gak boleh ambisius sok-sok banyak mau pengen bentuk yang aneh-aneh. Ngukirnya susah…. Rencana awal saya pengen bikin pita, ceritanya pengen bikin logo pake lino. Mulai sketch-sketch juga gambar-gambar pita yang lain, tanpa mengikuti petunjuk awal tadi gak usah bentuk aneh-aneh. Alat-alat yang dibutuhkan hanya pensil, selembar lino, pengukir, dan pisau cutter. Untuk pengukirnya lebih baik menggunakan yang untuk kayu, atau gak dipastikan dulu ketajamannya. Karena jenis lino juga macem-macem banget, kadang pengukir yang buat lino malah kurang tajam kalau dipakai untuk lino yang agak tebal.

Pertama-tama gambar dulu motifnya di atas lino.

Setelah itu potong sesuai bentuknya.

Nah abis sampai tahap potong sesuai bentuk ini saya mulai ada gejala-gejala menyesal tadi bikin pita. Trus mulai gak fokus malah nyoba-nyoba bikin swirl ala lolipop.

Mengukir linonya ternyata butuh penyesuaian juga. Meliuk-liukannya harus hati-hati supaya bisa mulus dan gak malah membentuk sudut lancip. Ingat loh apa yang diukir itu mempengaruhi hasil akhirnya nanti. Karena susah juga sama lolipop yang bentuknya melingkar, akhirnya saya ganti lagi jadi bikin bunga.

 

Setelah selesai ukir-ukir, balurkan cat dipermukaan lino. Jenis cat yang digunakan tergantung media yang digunakan untuk mencetak linonya nanti.

Abis itu langsung coba cetak linonya. Saya cobainnya di kertas dulu.

Nah itu kan tadi yang saya coba bikin. Coba kita tengok hasil keriaan Amesh. Amesh bikin motif awan! Bikin burung juga lagi. Awalnya Amesh nyobain di kertas dulu.

Setelah yakin sama bentuknya nyobain di kain deh…..

Lihat apa yang dia lakukan…..

IMG_0987

Gemeeeeesssss liatnya…. Abis playdate ini Amesh makin rajin mainan lino. Coba lihat di instagram deh #linoleumblockprintingbydreamesh. Lucuk! Semoga abis ini mainan linonya Amesh bisa segera jadi produk yang bisa kita beli yah πŸ™‚

Selain mainan lino saya dan Amesh juga bikin-bikin yang lain. Nanti cerita-cerita lagi yah…..

 

Kittymanu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *