Pompom

20140411-001818.jpg

Suka banget sm pompom!! Benda bulat fluffy ini ditaro dimana aja bikin jadi lucu. Alesan lain saya suka pompom, karena cuma kalo bikin ini doang benang wool mau diajak temenan. Dari dulu gak pernah bisa akur sama benang wool, untuk urusan crochet atau knitting, saya murid yang kurang beruntung. Sering banget usaha belajar tapi yah gitu deh, tiap belajar mulai dari awal terus, gak pernah naik tingkat. Gak tau deh nasib saya kalo udah oma-oma gimana, mau ngapain coba kalo udah tua gak bisa ngerajut? Gak bakal ada ceritanya nanti bikin taplak atau syal rajut gitu, kayaknya bakalan bikin keset dari pompom apa gak karpet biar lama kelarnya.

Bikin pompom tuh gampang banget. Cuma yah, banyak banget loh orang yang dateng ke workshop saya liat pompom komennya “Ihhh lucu bangeeett, beli dimana sih?” Gemeeess… Itu gampang banget bikin ajah! Makanya sekarang yuk deh belajar bikin pompom sendiri.

Buat bikin pompom sebenernya ada alat bantunya. Yang saya punya ada dua macem dengan berbagai ukuran. Gak tau deh ada alat jenis lain lagi atau gak, cuma yang saya sering liat di pasaran dua ini ajah.

20140411-003828.jpg

20140411-003854.jpg

Tapi… Gak usah beli itu deh, ada cara yang lebih gampang lagi untuk bikin pompom. Cuma perlu ini ajah

20140411-004145.jpg

Benang sama garpu aja… Siapa yang gak punya garpu di rumah? Punya semua dong pasti… Gulung-gulung aja benangnya di garpu. Semakin tebal gulungannya hasilnya akan making bagus. Tapi disesuaikan juga yah, jangan sampe ketebelan, nanti ngiketnya susah.

20140411-004501.jpg

Setelah digulung, potong benangnya, lalu selipin benang di garpunya untuk mengikat. Ikat di tengah gulungan benang, untuk menyatukan benangnya. Ikatnya yang kenceng yah, jangan sampe longgar atau mudah lepas.

20140411-005014.jpg

Abis itu lepas pelan-pelan gulungan benang dari garpunya. Lalu potong semua bagian pinggir gulungan benangnya.

20140411-005239.jpg

Nah udah berbentuk kan. Jangan sebel dulu kalo liat benangnya jigrak-jigrak dan bentuknya peyang.

20140411-005400.jpg

Kunci suksesnya ada di bagian akhirnya. Potong dan rapikan benangnya. Jangan takut-takut motongnya, agak banyak gak papa kok, asal jangan keterusan sampe abis ajah. πŸ™‚

20140411-005938.jpg

Jadi deeeehhh….

20140411-010030.jpg

Pompom ini juga bisa dibikin bermotif loh. Cobain dulu deh tapi bikin yang polos. Kalo diliatnya gampang pasti dalem hati cuma “Oooo gitu doang bikinnya” Tapi tetep beli juga gak bikin-bikin. Nanti kapan-kapan kita belajar bikin yang lebih bervariasi, sama cobain dipake buat hias macem-macem yah.

kittymanu