Prakarya Jaman SD #4 : Bunga dari Pita Plastik

Mau lanjut lagi ah inget-inget prakarya jaman SD dulu. Setelah sebelumnya bikin lampion, anyaman, dan kalung dari sedotan, sekarang mau bikin bunga.

Sebenernya saya agak lupa sih, bunga ini emang waktu SD diajarin di sekolah apa enggak yah? Saya belajar ini dari seorang ibu yang tinggal dekat rumah saya dulu. Ibu ini sering banget bikin bunga-bungaan segala rupa dan warna-warni. Seneng banget liatnya, sampai yang besar-besar dan ditaronya di guci bukan di vas lagi.

Sempet lama dulu saya ketagihan bikin bunga-bungaan ini. Suka ke Pasar Minggu sama oma saya beli pita, putik, dan daun-daunnya. Sampai akhirnya nekat juga pergi naik metro mini sendiri kesana kalo pitanya abis.

Masih dalam rangka mengingat-ingat juga nih cara bikinnya. Bikin yang gampang dulu. 2 model simple yang pertama saya pelajari. Untuk 2 model ini sebenernya cara bikinnya mirip, cuma beda di cara menggunting dan menggulungnya saja.

Bahan-bahan yang diperlukan seperti di foto di bawah ini. Pita plastik, selotip, floral tape, putik, dan daun. Semua bisa dibeli di toko peralatan craft, di pasar tempat jual pita-pita atau di toko buku juga sering ada. Tambahan bahan lainnya, kawat untuk batangnya.

20140426-203731.jpg

Potong-potong pitanya sekitar 8cm.

20140426-214112.jpg

Tiap helai potongan tersebut potong bagian tengahnya kecil-kecil, jangan sampai putus, sisakan sedikit kedua ujungnya kira-kira 0,5cm. Lebih mudah pake jarum. Tusuk jarumnya, geser saja sampe batas yang pengen dipotong.

20140427-233836.jpg

Nah sekarang susun potongan tersebut di selotip. Pasang putiknya duluan. Baru atur pitanya menyilang.

20140427-234406.jpg

20140427-234423.jpg

Setelah ditempel semua potongannya, tempel ujung selotipnya ke kawat. Lalu lilitkan. Yang saya buat kali ini lilitannya makin lama makin ke bawah, jadi agak memanjang. Tapi bisa juga dililit di satu posisi nanti jadinya bunganya mekar.

20140427-234729.jpg

20140427-234742.jpg

Setelah dililit smp ujung, lilitin kawat-kawat daun ke kawat batang, lalu lilitin floral tape deh untuk mengcover warna kawat aslinya, biar kayak batang beneran.

20140427-235009.jpg

Jadi deh…

20140427-235059.jpg

20140427-235112.jpg

Nah model bunga yang satu lagi, hampir keseluruhan stepnya sama. Bedanya hanya pada saat memotong kecil-kecil pitanya dengan jarum, potong sampai putus di satu sisi.

20140427-235302.jpg

Jadinya akan seperti ini

20140427-235340.jpg

20140427-235353.jpg

Bikin yang banyak atur di vas πŸ™‚
Pas dipajang jangan kena sinar matahari langsung yah, warna pita plastik ini gampang pudar kalo kena sinar matahari. Cobain bikin… Gancil….

20140427-235700.jpg

20140427-235721.jpg

kittymanu