Membuat Layang-layang di Kelas Prakarya Sekolah Rumpin

Setelah sebulan lebih akhirnya kemarin saya kembali mengunjungi Sekolah Kita Rumpin (SKR). Hari ini saya mengajar sendirian di kelas prakarya. Abis 2 kali kunjungan ke Museum Layang-layang, dan dari ide Kak Puspa pengajar prakarya lainnya, membuat saya akhirnya memutuskan untuk mengajarkan adik-adik untuk membuat dan menghias layang-layang. Kelas prakarya hari ini dan 4 kelas prakarya ke depan di support oleh bantuan dana dari Yayasan Tunas Cendekia. Sekitar 2 bulan yang lalu, Yudhis pengelola dari Yayasan Tunas Cendekia menghubungi saya lewat email. Yudhis sangat tertarik dengan kegiatan kelas prakarya SKR, dan seneng banget Tunas Cendekia menawarkan bantuan untuk kelas prakarya kami. Muncul ide bikin layang-layang ini sebenernya kalo ditelusurin Β karena Yudhis juga, Yudhis awalnya ngasih info tentang gimana menariknya museum layang-layang, abis diceritain langsung deh saya berkunjung kesana.

Saya datang membawa 15 set starter kit untuk bikin layang-layang yang saya pesan dari Museum Layang-layang. Pas banget, jumlah adik-adik yang ikutan kelas prakarya ada 14 orang dan satu set lagi untuk contoh saya pas ngajar. Adik-adik sangat antusias, karena sebagian besar dari mereka emang seneng banget main layangan. Sambil ngajar saya juga menceritakan tentang kunjungan saya ke museum dan menjelaskan ke mereka juga layang-layang tuh ada apa aja sih? Orang-orang pake layangan itu buat apa aja sih selain cuma buat main-main di lapangan?

Mereka saya ajarin bikin layang-layangnya dulu. Mulai dari menempel kertas di bambu yang sudah disediakan. Lalu untuk menghiasnya saya ajarkan mereka membuat doily warna-warni dari kertas minyak. Seru banget, mereka awalnya takut-takut untuk menggunting lipatan-lipatan kertas minyak itu, tapi setelah dibuka lipatannya, semua senyum-senyum seneng lihat hasilnya.

20140528-003845.jpg

20140528-003906.jpg

20140528-003915.jpg

20140528-003931.jpg

20140528-003947.jpg

20140528-004000.jpg

Setelah selesai membuat doily, mereka nempelin doilynya ke layang-layang. Ternyata gak gitu aja, sebagian dari mereka banyak yang berkreasi sendiri untuk membuat hiasan ekor layang-layangnya.

20140528-004246.jpg

20140528-004303.jpg

20140528-004319.jpg

20140528-004337.jpg

20140528-004400.jpg

20140528-004412.jpg

Ini dia adik-adik yang ikutan kelas kemarin.

20140528-004526.jpg

Semuanya pengen cepet-cepet pulang, dan langsung janjian main layangan bareng πŸ™‚

20140528-004617.jpg

 

Terima kasih buat Yayasan Tunas Cendekia atas bantuan dananya untuk adik-adik Sekolah Kita Rumpin πŸ™‚

 

 

kittymanu