Workshop Dessert Table Decoration with Lovely Jar

Mulai mendekati perayaan ulang tahun Sekolah Kita Rumpin (SKR), mulai berpikir… Ini jadinya mau dihias gaya apa yah nanti? Keinget deh tahun lalu pernah ikut workshop, pertama kalinya ikut workshop tepatnya, waktu itu workshopnya menjadi salah satu aktifitas di event market museum. Workshop ini yang bikin saya jadi getol banget buat nyari dan ikutan workshop prakaryaan lagi. Workshopnya diadakan oleh Lovely Jar, salah satu brand lokal yang laris manis menjual toples-toples handmade lucu. Jadi sesuai judul post ini workshopnya waktu itu adalah dessert table decoration.

Sempat ada drama juga sebelumnya. Workshop ini diadakan di Grand Indonesia, hari Minggu, jam 10 pagi lagi, pas mall baru buka. Saya berangkat kesana bersama ketiga peri-peri saya Ade, Erin dan waktu itu masih ada Dame. Ini penampakan mereka biar kebayang wujudnya.

20140317-012722.jpg

Kita semua mungkin emang para pemalas yang gak pernah bangun pagi kalo hari Minggu yah, semua hilang ingatan kalo hari minggu itu ada car free day. Berangkat dengan penuh kepercayaan diri naik mobil Erin, dan mendadak semua frustasi karena baru sadar kalau jalanan ditutup. Dan tidak ada seorangpun dari kami yang pernah ngerasain car free day, jadi gak ada yang tau juga musti lewat mana sih nih. Akhirnya…… Karena jalanannya masuk-masuk, dan bener-bener blank mana yang boleh dan gak boleh dilewatin, dan waktu menunjukan pukul 9.50, akhirnya saya mencegat ojek. Bukan buat ditumpangi, tapi buat mengarahkan jalan kami sampai Grand Indonesia. Abang ojek yang memimpin perjalanan kami, sampai di Karet, setelah itu kami berjuang sendiri. Sesampainya di Grand Indonesia kami bahkan gak tau persis tempatnya dimana, mall segede gitu, bukan di Jakarta Selatan, udah pasti saya nyasar di dalem. Cuma untungnya, bener-bener kebetulan yang menguntungkan, karena letak tempatnya di lantai 5, kami langsung parkir di lantai 5 juga dan masuk-masuk langsung sampe. Telat 20 menit saja.

Eiittss belum selesai sampai disitu dramanya. Persiapkan diri anda, post ini akan sangat panjang, dan beneran deh di post kali ini gak akan ada tutorialnya. Waktu itu udah terlambat, berusaha mengejar yang kelewatan, belum kepikiran juga buat fotoin step by step bikin ini itunya. Belum lagi drama berikutnya yang gak kalah nyebelin. Pas saya duduk di kursi yang satu-satunya masih kosong kok didudukin berasa dingin yah. Ternyata legging saya robek. Pas berangkat tadi saya emang kerasa leggingnya robek. Cuma kayaknya cuma robek kecil, dan sudah biasa, karena entah apakah saya musti belajar lagi cara duduk dan berjalan yang benar yah, tapi beneran semua legging yang saya beli gak ada yang gak robek di bagian crotchnya. Dan ini kayaknya gede deh robeknya. Saya masih berusaha tenang dan bodo amat sm legging robek, sampai dame dengan muka dramanya mengucap tanpa bersuara, yang kalau dari bacaan bibirnya dia bilang “Kit celana lo bolong!” Saya panik, ini bolong pasti bener-bener gede deh, masa dari jauh aja sampai bisa keliatan. Akhirnya saya mengutus peri-peri saya itu untuk membelikan saya legging. Gak tenang banget loh celana robek kayak gini. Kalau lagi prakaryaan saya pasti ada berdiri-berdirinya. Ini duduk rapet gak gerak kayak lagi pakai kain kalo kebayaan.

Mereka datang lagi membawa sebuah legging. Saya disuruh coba dulu, karena mereka kurang yakin dengan sizenya mengingat badan saya yang jauh bertambah besar. Mau coba dimana? Toiletnya gak tau dimana, yah ampun sampai sini dengan selamat aja sudah bersyukur banget, ini kalau pake acara cari toilet lagi kayaknya sih gak usah ikut kelas aja sekalian. Bisa tanya-tanya memang, tapi jalan ke toiletnya dengan celana yang ternyata sangat besar robeknya kayaknya gak mungkin. Akhirnya…. Saya mengganti celana saya, dibelakang sebuah banner di depan ruangan workshopnya dengan dipagari oleh peri-peri saya. Berhasil dan untungnya sizenya cukup. Yah ampun mau prakaryaan aja susahnya minta ampun.

Ok kembali ke workshop ini. Di meja saya sudah ada satu paper bag berisi material workshopnya yang ditempeli stiker Little surprise projects.

20140317-020057.jpg

Pada saat saya masuk ke kelasnya, materi pertama sedang dibuat. Materi pertamanya membuat pompom. Sedih deh karena terlambat datang, saya sudah kebagian sisa, jadi dapet pompomnya warna kuning padahal sebelah saya pompomnya warna PINK!!! Ya sudahlah mungkin ini hukuman bagi si anak telat. Karena tidak ada foto detail step by stepnya, silahkan dinikmati foto-foto serius saya pada saat membuat pompom, mungkin bisa ditebak dari situ cara buatnya gimana ya kan…

20140317-020557.jpg

Selain pompom ini materi-materi lain yang dibuat

20140317-020737.jpg

Dijelasin satu-satu deh itu apaan yah biar makin panjang postingannya.

Lolipop dihias dengan paper doily (kertas motif lace yang biasa digunakan untuk alas kue) Ini super mudah, tancapkan saya lolipop di tengah paper doily, lalu tekuk dan rapihkan seperti bentuk bunga, lilitkan masking tape dibawahnya untuk mengencangkan.

20140317-020857.jpg

Lalu berikutnya menghias wooden clip dengan masking tape. Ini super duper mudah, benar-benar tinggal tempel masking tape di jepitannya saja.

20140317-022403.jpg

Setelah itu kami menghias paper bag burung hantu ini. Paper bagnya sudah jadi, kami hanya diminta memotong dan menempel bulatan-bulatan dari template yang sudah disiapkan untuk mata dan hidungnya.

20140317-022832.jpg

Dan selanjutnya lagi, membuat cake topper. Kami diberikan dua buah paper straw untuk tiangnya, dan diminta memotong segita-segita untuk benderanya dari template yang ada.

20140317-023149.jpg

Lalu.. Lalu… Membuat cotton candy boongan. Ini yang sebenarnya saya agak bingung, knapa harus dibuat yah, gak pake yang asli aja. Ini pertamanya bikin gagangnya dulu. Kertas HVS dibuat kerucut seperti cone ice cream, lalu lilitkan masking tape untuk menempel sekaligus menghias. Lalu gulungkan kain flannel di kerucut yang dibuat tadi, ceritanya itu cotton candynya. Lalu warnai dengan spidol.

20140317-023803.jpg

Yang terakhir membuat undangan didalam jar. Jarnya sudah disediakan. Ini dia jar cantik andalan lovely jar. Tuliskan pesan di karton dan tempelkan di bagian bawah tutup jar mengarah ke bawah.

20140317-024119.jpg

Itu semua hasil kelas hari ini. Dan contoh pengaturannya juga di display oleh lovely jar

20140317-024252.jpg

Kembali ke kenapa saya teringat untuk posting ini, untuk ide ulang tahun SKR nanti. Tampaknya akan saya ambil sedikit idenya dan melakukan beberapa improvisasi. Tunggu nanti post saya untuk persiapan ulang tahun SKR yah….

Terima kasih sudah membaca drama panjang saya dan berbagai keterangan yang seadanya tanpa penjelasan dan foto yang jelas. Semoga lain kali dramanya tidak berlebihan jadi gak usah panjang-panjang yah ceritanya πŸ™‚ *merasa bersalah

kittymanu