Prakarya Jaman SD hari ke 2 – Anyaman

Hari kedua project #prakaryajamanSD ini saya mau membuat anyaman. Dulu saya membuat ini dari kertas lipat. Satu lembar kertas lipat dipotong-potong dengan lebar 1cm, lalu satu lembar lagi dipotong-potong 1cm juga tapi tidak sampai putus. Pertama kali bikin ini dulu motifnya kotak-kotak standart. Semua warna kertas lipat harus dipake kayaknya, 1 baris satu warna. Dari mulai kotak-kotak standart sampai dulu inget banget pernah disuruh buat bentuk apel.

Bikin anyaman ini juga keinget waktu kuliah dulu. Saya kuliah mengambil jurusan Fashion Design, dan di mata kuliah textile dosen saya pernah memberi tugas seperti ini juga. Meneliti serat kain, lalu membuat anyaman-anyaman di kertas sesuai dengan arah serat yang saya lihat di kainnya. Kain satin, sateen, houndstooth, dan disuruh juga membuat variasi tenunan kain sendiri dengan pengaplikasian seperti ini.

Kembali ke anyaman jaman SD ini. Hari ini saya membuatnya dengan bahan yang ada saja.Selembar kertas gambar. Dan potongan-potongan kertas sisa paper quiling. Sebenarnya kertas paper quilling ini agak sedikit nyusahin sih. Lebarnya kecil gak sampe 0,5cm. Jadi harus telaten banget. Semakin besar lebar kertasnya semakin mudah kerjanya.

Membuat anyaman ini dimulai dari memotong kertas gambar yang digunakan sebagai alasnya. Potong menggunakan pisau cutter dari ujung atas ke ujung bawah sesuai lebar yang diinginkan, tapi jangan sampai putus, sisakan kurang lebih 1cm bagian atas dan bawahnya.

20140311-145622.jpg

Siapkan kertas untuk mengayamnya. Karena hari saya menggunakan kertas untuk paper quilling untungnya gak perlu motong-motong lagi. Tapi bagi yang harus memotong, potong seukuran lebar potongan kertas dasar anyamannya yah.

20140311-145704.jpg

Lalu mulai anyam sesuai motif yang diinginkan deh…

20140311-145805.jpg

20140311-145830.jpg

Motif yang saya buat hari ini…

20140311-150009.jpg

Pernah buat ini kan pasti dulu? 🙂

kittymanu

2 comments

Comments are closed.